tips membuat ruang tamu lebih mewah

Ingin Membuat Ruang Tamu Tampak Lebih Mewah Dengan Biaya Minim? Lakukan Tips Ini

Tak hanya keindahan eksterior hunian, tentunya ada hal lain lagi yang dapat mempengaruhi kesan pertama bagi para tamu. Ya, salah satunya adalah ruang tamu, yang memang menjadi spot khusus untuk menyambut para tamu.

Maka dari itu, konsep desain ruang tamu harus direncanakan sematang mungkin. Untuk mendapatkan kesan pertama yang baik, disarankan untuk merancang ruang tamu dengan nuansa mewah dalam berbagai gaya.

Namun, untuk mendapatkan kesan mewah pada ruang tamu itu biasanya selalu identik dengan penggunaan barang-barang yang mahal. Padahal, tampilan mewah pada ruang tamu juga bisa didapat dengan biaya minim lho.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan ide desain ruang tamu mewah dengan biaya minim. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Mendekorasi Ruang Tamu Mewah Dengan Biaya Minim

1. Pemilihan Jenis Lantai

Selain dapat memberikan kenyamanan untuk pijakan kaki, tentu saja penggunaan lantai juga sangat berpengaruh terhadap tampilan hunian rumahmu. Namun, tidak semua jenis material lantai yang ada dipasaran itu bisa menghadirkan nuansa mewah.

Adapun material-material lantai yang akan menghadirkan nuansa mewah pada ruang tamu seperti berikut :

  • Lantai Kayu
Lantai Kayu
gambar diatas merupakan ruang tamu dengan lantai kayu jati

Lantai kayu atau yang kerap disebut dengan istilah parket (parquete), merupakan bahan penutup lantai yang terbuat dari kayu solid (kayu utuh). Dengan demikian, maka tak heran juga jika penggunaan lantai kayu parket dapat menghadirkan nuansa natural namun tetap elegan.

Tak hanya indah dipandang, lantai kayu juga sudah terbukti kokoh sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih jika diberi perawatan yang tepat, dimana daya tahannya bisa mencapai puluhan tahun.  

Selain dapat menunjang tingkat kenyamanan dan tampilan hunian, ternyata penggunaan lantai kayu parket juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita lho.

Pasalnya, lantai kayu dapat menciptakan suhu hangat dalam ruangan sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terlebih bagi mereka yang memiliki riawayat penyakit rematik.

Untuk kelengkapan informasi produk lantai kayu, silahkan kunjungi -> Info Harga Lantai Kayu Parket Terbaru

  • Lantai Keramik
Lantai keramik

Pastinya kamu sudah sangat mengenal betul dengan jenis bahan lantai yang satu ini kan? Ya, sebagian besar rumah-rumah di Indonesia memang menggunakan bahan keramik sebagai penutup lantainya.

Lantai keramik mempunyai fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah, termasuk ruang tamu.

Selain kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat. Tak cuma itu, harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis-jenis material lantai lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, lantai keramik menghadirkan berbagai macam warna, motif, dan ukuran sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep hunian rumah.

Adapun mengenai berbagai macam motif keramik yang dapat kita jumpai dipasaran, mulai dari motif bebatuan, kayu-kayuan, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait : Inilah Warna Keramik yang Cocok Untuk Ruang Tamu

  • Lantai Marmer
Lantai Marmer

Untuk kamu yang ingin ruang tamunya terlihat lebih mewah, maka penggunaan lantai marmer ini merupakan pilihan paling tepat. Pasalnaya, lantai marmer memiliki kilauan bening yang dapat menciptakan nuansa mewah dan elegan.

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat ketersediaan bahan bakunya yang terbatas.

Tak hanya menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama lho. Namun, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

Dengan kata lain, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengapa demikian? Sebab, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

  • Lantai Granit
Lantai Granit

Seperti halnya lantai marmer, yang mana granit juga termasuk kedalam golongan material lantai kelas atas. Namun, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

Penggunaan lantai granit pun dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir granit buatan yang menyuguhkan beragam motif dengan harga lebih murah.

2. Gaya Monokrom Minimalis

 Gaya Monokrom Minimalis

Apabila rumahmu mengusung konsep minimalis, maka kamu bisa mencoba desain yang satu ini untuk mendapatkan tampilan mewah pada ruang tamu. Dengan penataan yang baik, tentu saja ruang tamu rumahmu akan terkesan lebih mewah dan elegan.

Unsur minimalis di area ruang tamu mewah tersebut bisa diciptakan melalui warna monokrom atau abu-abu pada furniture, cat dinding, dan tirai. Agar kesan mewahnya lebih menonjol, kamu pun bisa menambahkan karpet dan meja yang memiliki unsur logam.

Baca Juga : Begini Cara Memilih Cat yang Sesuai Dengan Hunian

3. Pemilihan Sofa yang Tepat

Pemilihan Sofa yang Tepat

Untuk kamu yang budgetnya terbatas, sebaiknya fokuskan terhadap perabotan dengan material yang terbilang mewah. Ya, contohnya seperti penggunaan sofa. Dalam hal ini, kamu harus memilih sofa yang dibalut dengan material velvet atau beledu. Mengapa demikian?

Pasalnya, sofa yang berbahan velvet dan beledu tersebut memiliki tampilan mengkilap sehingga dapat menonjolkan kesan mewah. Selain sofa berbahan velvet dan beledu, kamu juga bisa menggunakan sofa yang berbahan kulit asli sebagai alternatif lainnya.

4. Mengusung Konsep Shabby Chic

Mengusung Konsep Shabby Chic

Shabby Chic itu apa sih? Perlu kamu ketahui, Shabby Chic ini merupakan konsep desain interior yang menampilkan gaya usang (bekas pakai), sehingga akan terkesan lebih antik dan hangat. Bukan hanya itu, bahkan Shabby Chic juga dapat menciptakan kesn klasik, cozy, dan feminim pada pemilihan perabot dan dekorasinya.

Ciri khas dari konsep Shabby Chic ini terdapat pada warna-warna pastel, perabot klasik, motif bunga-bungaan, dan pemilihan material kain yang umumnya di dominasi oleh katun serta linen.

5. Mengunsung Konsep Baroque

Mengunsung Konsep Baroque

Selain Shabby Chic, konsep Baroque juga bisa menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada ruang tamu. Menurut para ahli dekor, yang menyebutkan bahwa karakteristik furniture Baroque terdapat pada kerumitan desain atau motifnya.

Itu sebabnya, mengapa konsep Baroque sangat populer di kalangan para bangsawan di awal abad ke 17. Ha itu bukan tanpa alasan, dikarenakan konsep Baroque menjadi symbol kemewahan dan kekuasaan.

6. Ruang Tamu Ala Jepang

Ruang Tamu Ala Jepang

Apabila konsep di atas tadi berasal dari ranah Eropa, kemewahan pada ruang tamu juga bisa kamu dapatkan dengan mengusung gaya Jepang lho. Adapun mengenai ciri khas pada ruang tamu ala Jepang ini  seperti berikut :

  • Pemilihan warna yang cenderung natural (putih atau kecokelatan)
  • Perabot minimalis yang ditata rendah
  • Material yang didominasi oleh bahan bambu atau kayu
  • Pintu geser

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadirkan nuansa mewah pada ruang tamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top