desain cafe outdoor

Ingin Buat Café Outdoor di Depan Teras Rumah? Ini Dia Ide Desain Terbaiknya

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa café merupakan salah satu tempat tongkrongan favoritnya para kawula muda. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian besar pengunjung café adalah para muda dan mudi.

Belakangan ini banyak bermunculan café dengan tampilan desain unik, yang tentu saja bertujuan untuk menarik minat para pengunjung sebanyak mungkin. Meski mengusung tema modern, namun hal itu tidak menyingkirkan konsep lamanya.

Seperti halnya konsep cafe outdoor yang memang dapat menghadirkan nuansa natural. Selain menikmati hidangan kulinernya, dengan konsep cafe outdoor tersebut kita juga bisa menikmati pemandangan di sekitar.

Terlebih di saat malam hari tiba, yang mana pemandangannya itu semakin bertambah romantis. Ya, suasana tersebutlah yang paling ditunggu oleh kaum muda dan mudi. 

Nah, untuk kamu yang hendak membuat cafe outdoor di depan teras rumah, berikut di bawah ini ada ide desain terbaiknya yang patut di coba.

Tips Mendesain Cafe Outdoor di Depan Rumah Agar Ramai Pengunjung

1. Pemilihan Atap

Pemilihan Atap

Jika kamu ingin membuat café outdoor dengan tema semi industrialis, maka penggunaan canopy sebagai atap merupakan pilihan paling tepat. Soalnya, penggunaan atap konvensional akan memberikan kesan kaku dan monoton.

Berbeda dengan atap canopy yang menghadirkan nuansa lebih relax dan santai. Tak cuma itu, canopy juga berperan sebagai pelindung dari terpaan hujan maupun paparan sinar matahari.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, penggunaan canopy mampu memberikan kesan luas serta nilai dekoratif ketimbang jenis atap konvesional.

Baca Juga : Fungsi Rooftop dan Bahan Terbaik Untuknya

2. Pemilihan Tenda

pemilihan tenda

Biasanya tenda-tenda yang sering digunakan pada acara-acara formal, seperti kondangan, peresmian, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang ingin menghadirkan tema santai dan tidak formal, maka pilihlah tipe tenda membrane dengan bentuk-bentuk yang menarik.

3. Pemilihan Lampu

Pemilihan Lampu

Dalam urusan pencahayaan, disarankan bagi kamu untuk memilih lampu bohlam berwarna kuning temaram yang ditata dengan sedemikian rupa. Selain menghadirkan nuansa hangat dan cozy, penataan bohlam lampu secara horizontal juga akan menghadirkan nuansa romantis.

Tentu saja nuansa tersebut sangat disukai oleh para millenial dan Generasi Z. Disamping itu, lampu yang ditata secara vertikal dan asimetris juga bisa menjadi spot foto yang instagramble.

4. Ciptakan Suasana Seromantis Mungkin

Ciptakan Suasana Seromantis Mungkin

Agar café outdoormu kental dengan nuansa romantic, maka kamu bisa menggunakan lilin sebagai pemannis di setiap meja konsumen.

Jika area terbuka tersebut tepat bersebelahan dengan kolam renang, maka kamu juga bisa mengihasinya dengan lilin-lilin yang mengapung diatas air agar nuansa romantisnya lebih terasa.

Baca Juga : Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana yang Sedap Dipandang Mata

5. Sediakan Taman Hijau Terbuka

Sediakan Taman Hijau Terbuka

Elemen yang satu ini pastinya akan memanjakan mata para pengunjung, karena dapat menghadirkan nuansa yang alami, natural, dan menenangkan. Agar tidak terkesan berlebihan, maka taman tersebut harus dibuat simple namun tetap berkesan.

Disamping itu, gunakan juga tenda membrane yang berfungsi untuk melindungi para pengunjung dari perubahan cuaca.

6. Ciptakan Nuansa Vintage (Klasik)

Ciptakan Nuansa Vintage (Klasik)

Apabila cafému ingin mendapatkan nuansa klasik, maka gunakan lantai yang berbahan kayu alias wood decking. Mengapa demikian?

Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan penggunaan lantai kayu decking akan menghadirkan nuansa klasik, natural, namun masih tetap elegan. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, bahkan decking kayu juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca maupun serangan rayap lho.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu kelengkapan informasi tentang decking

silahkan klik -> Mengenal Lantai Kayu Ulin (Jenis Decking Terbaik)

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Merintis Bisnis Cafe

Setelah mengetahui ide dekorasi cafe outdoor yang nyaman, masih ada lagi beberapa poin penting yang harus kita pehatikan dalam merintis bisnis cafe. Adapun hal-hal penting yang harus kamu perhatikan seperti di bawah ini :

  • Pemilihan Lokasi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memulai bisnis cafe, yakni pemilihan lokasi. Dalam hal ini, tentu saja cafemu harus berada di lokasi-lokasi yang strategis. Pasalnya, lokasi yang strategis itu sudah pasti akan dilewati oleh banyak orang.

Maka dari itu, ada baiknya lakukan observasi terhadap lokasinya terlebih dulu sebelum menentukan pembangunan usaha cafe.

  • Pilih Perlengkapan Usaha yang Murah dan Menarik

Perlu kamu ketahui, bahwa desain interior juga memiliki peranan penting dalam penilaian para pengunjung terhadap sebuah cafe. Namu, untuk mendapatkan desain interior yang menarik itu tidak harus selalu menggunakan perlengkapan yang mewah.

Dengan kata lain, perlengkapan yang murah pun akan terlihat lebih menarik jika sesuai dengan tema atau konsep café-nya. Hasilnya, maka hal tersebut tidak akan menimbulkan kesan kontras antara konsep dengan perlengkapan café yang digunakan.

  • Membeli Bahan Baku di Grosir

Guna menghemat pengeluaran, disarankan bagi kamu untuk membeli bahan bakunya di grosir. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat pembelian secara grosiran akan jauh lebih murah daripada pembelian eceran.

  • Adakan Live Music

Poin yang satu ini juga memiliki peranan penting dalam menarik minat para pengunjung. Hal itu bukan tanpa alasan, karena para pengunjung bukan hanya sekedar untuk duduk dan makan saja, melainkan ingin mendapatkan sebuah hiburan yang berupa music.

Dengan adanya live music, pastinya para pengunjung akan sangat terhibur dan mungkin saja mereka akan menjadi pelanggan cafemu. Maka dari itu, pilihlah para pemain music yang sudah handal, namun dengan bayaran yang tidak terlalu mahal.

  • Membuat Menu Makanan yang Lezat dan Unik

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap cafe biasanya memiliki berbagai menu andalan. Maka dari itu, kamu juga harus mempersiapkan setidaknya dua atau tiga menu andalan dengan cita rasa tinggi. Dengan memiliki menu andalan, tentu saja hal itu akan menjadi identitas bagi cafemu.

  • Cari Karyawan yang Profesional

Hal penting berikutnya yang harus kamu perhatikan dalam merintis usaha cafe, yakni mencari karyawan yang profesional. Sebab, karyawan merupakan ujung tombak dan aset penting bagi usaha cafemu. Sedari itu, kamu harus lebih selektif lagi dalam memilih karyawan.

  • Jangan Mematok Harga yang Terlalu Mahal

Dikarenakan cafenya masih dalam tahap merintis, maka tidak etis jika kamu langsung mematok harga mahal pada setiap menunya. Namun, bukan berarti juga bahwa kamu harus menjual menu kulinernya dengan harga miring lho!

Dengan kata lain, kamu harus mematok harga standar, yakni tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu kemurahan.

  • Gencar Promosi

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa promosi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan omset penjualan. Ya, terlebih dalam bisnis tahap merintis, yang mana kamu harus lebih gencar lagi dalam melakukan promosi, entah itu secara online maupun offline.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai cara mendesain cafe outdoor dan tips memulai bisnisnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top