Cara menghitung biaya pemasangan lantai kayu membutuhkan ketelitian agar tidak ada biaya yang terbuang sia-sia. Dalam pemasangan lantai kayu atau parquet ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika ada satu hal saja yang dilupakan, bisa jadi pemasangan tidak maksimal atau bahkan tidak bisa berfungsi.

pasang lantai kayu

Dalam membangun rumah atau merenovasi rumah, Anda pasti ingin ruangan terlihat indah dan cantik, bukan? Desain interior sangat penting dalam sebuah bangunan yang di antaranya pemilihan warna lantai dan dinding serta material yang digunakannya.

Tidak lupa berbagai perabot atau furniture yang ada dalam ruangan tersebut harus disesuaikan dengan tema hunian yang diinginkan. Salah satu model lantai yang banyak digunakan saat ini adalah lantai kayu atau parquet.

Lantai kayu memberikan keindahan dan nuansa alami yang elegan dan terlihat mewah. Namun, agar hasilnya lebih maksimal, Anda harus mengetahui cara menghitung biaya pemasangan lantai kayu yang benar dan sesuai agar tidak rugi di kemudian hari.

Mengapa Lantai Kayu Banyak Digunakan?

Dewasa ini banyak inovasi model desain ruangan yang sangat menarik dengan berbagai konsep yang digunakan. Konsep ruangan sangat memengaruhi material yang digunakan, salah satunya penggunaan lantai kayu. Parquet atau lantai kayu dapat digunakan untuk konsep ruangan klasik, modern, tradisional atau konsep yang sedang populer sekarang yaitu retro.

Banyak orang menyukai gaya tradisional modern untuk konsep rumah. Konsep tersebut sangat cocok untuk penggunaan parquet kayu. Karena lantai kayu mampu memberikan nuansa yang lebih natural dan alami meski biaya yang dibutuhkan cukup mahal.

Agar lebih hemat dan efektif, Anda harus mengetahui Cara menghitung biaya pemasangan lantai kayu. Lantai kayu memberikan kesan hangat dan harmonis dalam ruangan. Bahkan lantai kayu dapat membuat ruangan terasa mewah dan elegan dengan visual yang ditampilkan oleh serat-serat kayu tersebut.

Lantai kayu juga mempunyai berbagai model yaitu parquet dan flooring dengan berbagai jenis kayu yang populer di Indonesia. Agar Anda bisa merasakan manfaat ari penggunaan lantai kayu tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Termasuk cara menghitung  biaya pemasangan lantai kayu dan pertimbangan lain mengenai jenis parquet yang digunakan. Semua pertimbangan tersebut termasuk perencanaan yang harus disiapkan sebelum memasang lantai kayu pada ruangan. Termasuk biaya dan metode perawatan yang akan dilakukan setelahnya.

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Lantai Kayu

Sebagai perusahaan parquet profesional di Indonesia, Rajawali Parquet menyediakan berbagai parquet lantai kayu yang berkualitas. Kami menyediakan dua jenis lantai kayu, yaitu lantai kayu asli atau solid dan lantai kayu sintetis atau vinyl.

Masing-masing jenis parquet tersebut mempunyai biaya pemasangan sendiri sesuai dengan luas area pemasangan serta material kayu yang digunakan. Cara menghitung biaya pemasangan lantai kayu dimulai dengan menentukan luas ruangan yang aka dipasang parquet tersebut.

Sebagai contoh, jika ruangan yang akan dipasang lantai kayu mempunyai ukuran panjang 10 meter dengan lebar 5 meter, maka luas ruangan tersebut 10 x 5 meter, yaitu 50 m2. Untuk kebutuhan lantai kayu ruangan tersebut adalah 50 m2 ditambah dengan ovetload 1 m2.

Maka kebutuhan lantai kayu secara total adalah 51 m2. Diketahui harga parquet yang dipilih Rp200.000 per meter2, maka biaya total pemasangan lantai kayu tersebut adalah Rp11.200.000. Biaya tersebut hanya bahan atau materialnya saja belum ditambah dengan biaya tukang atau pekerja.

Luas ruangan dan jenis lantai kayu yang digunakan sangat memengaruhi biaya yang dikeluarkan nantinya. Agar penggunaan lebih hemat, Anda bisa menggunakan jasa pemasangan lantai kayu yang profesional dengan garansi resmi.

Cari penyedia jasa yang siap memenuhi kebutuhan desain interior ruangan dengan parquet yang berkualitas. Serta harga lantai kayu yang terjangkau dengan pemasangan yang tepat. Sehingga budget Anda lebih ekonomis dengan hasil yang memuaskan.

Biaya Pasang Lantai Kayu Per Meter

Sebelum menghitung kebutuhan biaya pemasangan lantai kayu, Anda harus mengetahui jenis dan harga setiap jenis lantai kayu tersebut. Ketahui juga spesifikasi produk yang dipilih agar tidak kecewa di kemudian hari. Kami menyediakan produk terbaik dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara menghitung biaya pemasangan lantai kayu akan lebih mudah setelah mengetahui biaya pemasangannya per meter. Rajawali Decoration menyediakan produk lantai kayu dengan biaya pasang per meter untuk  parquet asli atau solid unfinish dengan melamin 2 komp sekitar Rp120.000 permeter2.

Untuk lantai kayu asli unfinish dengan menggunakan poly urethane atau PU biaya pemasangannya akan lebih mahal yaitu Rp140.000 permeter2. Lantai kayu asli atau solid mempunyai biaya yang lebih mahal karena memang karakteristik parquet tersebut lebih tinggi dan khusus.

Jika Anda ingin biaya pemasangan lebih murah, Anda bisa memilih lantai kayu sintetis atau laminated. Lantai kayu laminated juga mempunyai kualitas yang baik jika dilakukan perawatan yang sesuai. Cara menghitung biaya pemasangan lantai kayu bisa dengan menentukan jenis parquet yang digunakan.

Untuk parquet laminated hanya sekitar Rp30.000 permeter2 untuk semua produk laminated dan parquet engineer menggunakan layer foam. Parquet solid finishid juga mempunyai biaya pemasangan yang terjangkau sekitar Rp30.000 permeter2 menggunakan under layer foam.

Semua biaya pasang parquet tersebut sangat memengaruhi biaya total pemasangan lantai kayu. Sehingga pilih produk parquet yang paling baik dan sesuai dengan konsep ruangan yang Anda gunakan. Penyedia jasa profesional akan menyediakan berbagai produk parquet kayu dengan spesifikasi yang beragam.

Anda bisa melihat produk lantai kayu di website Decodern.com sebagai website resmi CV. Rajawali Decoration yang akan memberi Anda garani resmi terbaik. Anda juga bisa melihat Cara menghitung biaya pemasangan lantai kayu yang baik dan benar di sana dan mencari informasi lainnya.

Tips Memasang Lantai Kayu pada Ruangan

Dalam memasang lantai kayu ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan dengan baik. Di antaranya jenis dasar lantai ruangan sebelum Anda memilih material yang digunakan. Lantai dasar pasti mempunyai kelembaban yang berbeda, pastikan lantai dasar ruangan mempunyai kelembaban yang baik.

Lantai dasar harus bersih dan kuat agar lantai kayu yang Anda gunakan tidak mudah keropos. Lantai dasar yang baik dapat membuat pemasangan lebih mudah dan proporsional. Selain itu, perhatikan juga pemasangan lantai kayu tersebut. Jika pemasangan salah otomatis ruangan menjadi tidak nyaman dan mengganggu estetika.

Cara menghitung biaya pemasangan lantai kayu harus sesuai dengan teknik pemasangannya.  Lantai kayu menggunakan teknik sanding dengan memerhatikan ketepatan kontur semen dan pasir. Dalam pemasangan parquet ini berbeda dengan pemasangan lantai keramik. Teknik pemasangan juga dapat membuat lantai kayu lebih tahan lama.

Lantai kayu dapat dijadikan sebagai aset untuk meningkatkan nilai jual bangunan. Sehingga dapat memengaruhi nilai investasi jangka panjang Anda. Hal ini akan terwujud jika pemasangannya sesuai dengan teknik yang seharusnya. Oleh karena itu, perhatikan hal penting sebelum memasang parquet agar Anda tidak merasa kecewa.

Tidak semua tukang bangunan mempunyai keahlian untuk memasang lantai kayu. Karena pemasangannya berbeda dengan memasang ubin atau keramik yang banyak digunakan saat ini. Cara menghitung biaya pemasangan lantai kayu perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top