tips alami mengusir tikus

Seperti Inilah Cara Alami yang Ampuh Mengusir Tikus di Rumah

Meski bukan termasuk jenis hewan yang membahayakan, namun keberadaan tikus sangat ditakuti oleh kebanyakan orang. Disamping tampilannya yang menggelikan, hewan pengerat yang satu ini juga lebih suka berada di tempat-tempat kotor sehingga keberadaannya bisa membawa kuman.

Terlebih jika tikusnya sudah menyusup kedalam rumah, yang mana ia kerap menggigit dan merusak berbagai barang-barang seperti kursi, meja, hingga kabel. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir keberadaan tikus dari rumah, entah itu dengan cara yang moden maupun alami.

Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas seputar cara alaminya saja. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

10 Tips Alami Untuk Mengusir Tikus di Rumah

1. Menggunakan Lada Bubuk

Menggunakan Lada Bubuk

Tips alami ampuh pertama yang bisa kamu coba untuk mengusir tikus dari rumah, yakni dengan menggunakan lada bubuk. Mengapa harus dengan lada bubuk? Pasalnya, bahan bumbu masakan yang satu ini memiliki aroma menyengat sehingga sangat tidak disukai oleh tikus.

Cara kerjanya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya tinggal menaburkan saja lada bubuk tersebut pada area-area yang sering dilalui oleh tikus.

2. Menggunakan Kulit Durian

Menggunakan Kulit Durian

Apakah kamu termasuk salah satu yang gemar memakan buah durian? Jika iya, maka mulai saat ini kamu jangan langsung membuang kulitnya setelah selesai menyantap daging buah durian. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kulit buah durian memiliki khasiat yang dapat mengusir tikus dari rumah berkat aroma menyengatnya.

Untuk cara kerjanya tidak berbeda jauh dengan poin pertama tadi, yang mana kamu tinggal menyimpan potongan-potongan kulit duren ke area yang sering dilalui oleh kawanan tikus. Dengan begitu, maka si tikus tidak akan berani lagi datang ke rumahmu.

Baca Juga : 10 Tips Alami Mengusir Kelabang di Langit-langit Kamar

3. Menggunakan Daun Salam

Menggunakan Daun Salam

Biasanya daun salam digunakan sebagai pelengkap pada bahan bumbu masakan, karena aromanya yang memang begitu sedap dicium. Namun, justru aroma sedap pada daun salam ini sangat tidak disukai oleh para tikus.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, seekor tikus yang memakan daun salam akan mengalami kematian dalam beberapa waktu lho. Maka dari itu, sediakan beberapa lembar daun salam kemudian letakkan pada tempat-tempat yang sering dilalui para tikus.

4. Menggunaan Daun Sirsak

Selain daun salam, ternyata daun sirsak juga bisa kita manfaatkan untuk mengusir tikus secara alami. Berdasakan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa daun sirsak mempunyai zat perangsang yang nantinya akan menghasilkan aroma khas.

Nah, aroma khas dari daun sirsak tersebutlah yang sangat tidak disukai oleh para tikus. Dalam hal ini, kamu harus menumbuk dulu daun sirsaknya menjadi potongan-potongan kecil, lalu letakkan di area-area yang menjadi jalur tikus.

5. Menggunakan Kantung Teh Bekas

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa segelas teh merupakan minuman yang cocok untuk menemani kita di waktu santai. Disamping cita rasanya yang nikmat, ternyata ampas dari kantung teh ini bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Akan tetapi, kondisi kantung teh bekasnya harus lembap agar dapat bekerja dengan efektif. Ya, hal itu dikarenakan kandungan peppermint yang dimilikinya, sehingga aroma tersebut sangat tidak disukai oleh si tikus.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Alami Membasmi Rayap di Rumah

6. Menggunakan Bubuk Kopi

Menggunakan Bubuk Kopi

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan bubuk kopi? Tentu saja kita semua sudah sangat mengenal betul dengan bubuk kopi yang memiliki aroma nikmat ini. Tak hanya dari aromanya saja, bahkan cita rasa kopi begitu nikmat di lidah.

Menurut informasi yang didapat, bubuk kopi hitam dianggap lebih efektif mengusir tius ketimbang menggunakan jenis kopi lainnya. Pasalnya, aroma pada bubuk kopi hitam ini lebih menyengat sehingga sangat tidak disukai oleh kawanan tikus.

7. Menggunakan Baking Soda

Menggunakan Baking Soda

Cara alami selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengusir tikus dari rumah, yakni dengan menggunakan baking soda. Tak hanya sekedar mengusir, bahkan baking soda ini juga dapat membunuh si tikus lho.

Untuk cara kerjanya, disini kamu harus menyediakan makanan yang menjadi kesukaan si tikus (contohnya roti). Setelah itu, silahkan taburkan baking soda tersebut kedalam roti, dan tunggulah hingga si tikus memakannya.

Saat roti tadi sudah dimakan, maka baking sodanya akan mulai bereaksi sehingga membuat si tikus tidak akan bisa mengeluarkan gas didaam tubuhnya. Nantinya si tikus akan pergi ke area terbuka untuk mencari air, yang tak lama kemudian akan mati karena tidak bisa menahan kadar gas di tubuhnya.  

8. Menggunakan Steel Wool

Menggunakan Steel Wool

Apa itu steel wool? Perlu kamu ketahui, steel wool ini merupakan besi yang dililit dan kerap digunakan sebagai alat pencuci piring pengganti spon. Selain fungsinya untuk mmebersihkan peralatan makan, ternyata steel wool ini dapat menghambat pergerakan si tikus di dinding.

Ketika kamu melihat tikus yang berjalan-jalan di dinding rumah, coba gunakan steel wool tersebut untuk mengusirnya.

9. Menggunakan Cengkeh

Menggunakan Cengkeh

Bagi manusia, aroma cengkeh ini memang begitu harum dan bisa menciptakan sensasi rileks. Akan tetapi, aroma cengkeh ini menjadi musuh bagi para kawanan tikus. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, sebaiknya kamu menggunakan cengkeh kering.

Kamu hanya tinggal menyebarkan atau meletakkan cengkeh tersebut pada area-area yang sering dilalui oleh para tikus.

10. Menggunakan Bawang Putih

Menggunakan Bawang Putih

Tips alami berikutnya yang harus kamu coba untuk mengusir tikus dari rumah, yakni dengan menggunakan bawang putih. Siapkan beberapa butir bawang putih, tumbuk kasar, lalu bungkus dengan menggunakan kain kasa.

Jika sudah demikian, tempatkan bawang putih yang sudah dibungkus kain kasa tersebut pada area-area yang sering dilewati si tikus.

Nah, setelah mengetahui cara alami untuk mengusir tikus, berikut di bawah ini ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh tikus

Jenis-jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Tikus

1. Hantavirus Pulmonary Syndrome

Hantavirus Pulmonary Syndrome merupakan sebuah gangguan pernafasan yang termasuk kategori menular. Gejalanya biasa berupa flu yang dapat berkembang cepat. Biasanya, masalah ini dikarenakan seseorang telah menghirup udara yang terpapar oleh hantavirus akibat kotoran dan urine tikus.

2. Rat Bite Fever

Rat Bite Fever adalah penyaki yang disebabkan oleh gigitan langsung dari tikus pada tubuh. Atau, penyakit ini juga bisa disebabkan karena kita telah mengonsumsi makanan-makanan yang telah digigit si tikus sebelumnya.

3. Murine Typhus

Jenis penyakit berikutnya yang bisa dibawa oleh tikus, yakni Murine Typhus. Ya, hal itu dikarenakan tikus lebih suka berada di tempat-tempat kotor, sehingga pada kakinya sering membawa ribuan jenis bakteri dan kuman.

Itulah beberapa jenis penyakit yang bisa disebabkan oleh tikus, sehingga kebersihan rumahmu harus benar-benar terjaga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top