cara basmi rayap di rumah secara alami

Ingin Tahu Cara Alami yang Ampuh Membasmi Rayap di Rumah? Yuk, Kita Kepoin

Meski bukan termasuk kedalam jenis binatang yang berbahaya, namun keberadaan rayap ini dapat meresahkan seluruh penghuni rumah.

Ya, terang saja demikian, sebab hama serangga yang satu ini kerap merusak semua perabotan maupun furniture yang berbahan kayu, seperti lemari, buffet, meja, lantai kayu parket, dan lain sebagainya.

Jika sudah menjadi sasaran dari serangan rayap, maka jangan harap jika furniture yang berbahan kayu tersebut akan berumur panjang lho! Sejatinya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membasmi keberadaan rayap di rumah.

Akan tetapi, lebih aman lagi jika proses pembasmiannya itu dilakukan secara alami. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips alami yang ampuh untuk membasmi rayap di rumah.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

8 Tips Alami yang Ampuh Untuk Membasmi Rayap di Rumah

1. Harus Ada Ventilasi

Harus Ada Ventilasi

Menurut informasi yang di dapat, sebenarnya rayap itu sangat senang berada di tempat yang lembap dan minim terkena sinar matahari. Apabila dirumahmu ada banyak perabotan yang berbahan kayu, maka salah satu cara alami paling tepat untuk membasminya, yakni dengan membangun ventilasi yang memadai.

Dengan demikian, maka sinar matahari bisa masuk ke setiap sudut rumah. Hasilnya, semua furniture dan perabotan kayu yang ada di dalam rumahmu akan aman dari serangan hama rayap. Seandainya ada beberapa perabotan kayu yang sudah termakan rayap, segera jemur perabotan tersebut pada ruang terbuka. Mengapa demikian?

Pasalnya, hal tersebut bertujuan agar perabotannya langsung terkena sinar matahari untuk mengusir semua rayap yang ada di dalamnya.

Baca Juga : 10 Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengusir Kelabang di Langit-langit Kamar

2. Pastikan Area Halaman Terbebas Dari Genangan Air

Pastikan Area Halaman Terbebas Dari Genangan Air

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan peribahasa “dimana ada gula pasti disitu ada semut“. Lain halnya dengan kasus ini, yang mana ada genangan air maka disitu pasti ada rayap. Hal itu bukan tanpa alasan, karena genangan air ini merupakan media yang dapat mendukung rayap untuk berkembang biak.

Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa area halaman rumah sudah terbebas dari genangan air. Ya entah itu di halaman maupun di selokan. Terlebih jika musim penghujan tiba, sehingga rumahmu harus ada tempat penampungan air hujan seperti kolam agar mudah dibersihkan.

Disamping itu, jangan lupa juga untuk membersihkan area selokan secara rutin. Sebab selain dapat membasmi keberadaan rayap, tingkat kebersihan pada selokan juga tentunya dapat membasmi nyamuk.

3. Perbaiki Keramik Atau Pipa yang Terlihat Rusak

Perbaiki Keramik Atau Pipa yang Terlihat Rusak

Kondisi keramik yang telah rusak akan menyebabkan uap air dapat dengan mudah masuk ke rumah, sehingga suhu dalam rumah akan menjadi lembap. Apalagi jika rumahmu itu mengalami kebocoran pada pipa tertentu, yang tentu saja kadar kelembapan di rumah menjadi semakin tinggi.

Jika kondisi terebut dibiarkan, tentu saja akan mengundang rombongan rayap untuk masuk kedalam rumah dan menyerang semua perabotan yang berbahan kayu. Maka dari itu, kamu jangan pernah menganggap remeh kerusakan sedikitpun pada keramik dan pipa.

Artikel Terkait : Daftar Harga Keramik Terbaru 2021 di Bandung

Pasalnya, dengan memperbaiki kerusakan pada keramik terbukti cukup efektif untuk membasmi rayap sebelum mereka membangun koloninya. Tak hanya keramik, mencegah kebocoran pada pipa rumah juga bertujuan agar tidak terjadi perembesan kemaa-mana.

4. Perbaiki Setiap Keretakan yang Ada Pada Dinding Rumah

Perbaiki Setiap Keretakan yang Ada Pada Dinding Rumah

Poin penting berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni memeriksa kondisi dinding rumah secara berkala. Hal ini dikarenakan tidak sedikit dari kita yang tak menyadari adanya keretakan pada dinding rumah.

Nah, dinding retak inilah yang menjadi jalan masuk bagi gerombolan rayap untuk masuk kedalam rumah, sehingga kamu akan kewalahan dalam mencari cara membasmi rayap saat koloninya sudah terbentuk.

Maka dari itu, kamu wajib memeriksa setiap sisi dinding rumah dengan teliti. Seandainya terdapat celah atau keretakan, segera tutupi dengan semen putih. Jika tidak tahu caranya, kamu pun bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang memang lebih ahli dalam bidang tersebut.

5. Hindari Kontak Perabotan Kayu Dengan Tanah

Hindari Kontak Perabotan Kayu Dengan Tanah

Untuk kamu yang rumahnya di dominasi oleh material berbahan kayu, maka perhatikan jarak antara material kayu dengan tanah. Pasalnya, cara ang satu ini sangat membantu dalam membasmi rayap tanah yang umumnya masuk ke dalam bangunan melalui media kayu.

Terlebih jika material kayu yang digunakan bukanlah kayu yang diolah dengan baik, sehingga material kayu tersebut bisa dengan mudah mengumpulkan uap air. Tentu saja kondisi ini sangat disukai oleh kawanan rayap, karena telah tersedia bahan makanan yang cukup dan suhu udara yang mendukung untuk berkembang biak.

Cara membasmi rayap dengan menghindari kontak langsung antara tanah dan kayu ini memang sudah terbukti dukup efektif, karena kamu dapat menutup langsung jalan rayap yang menuju ke rumah.

6. Menjemur perabotan Furniture Kayu

Menjemur perabotan Furniture Kayu

Selain pakaian, ternyata perabotan furniture kayu juga membutuhkan paparan sinar matahari lho. Ya, penjemuran ini bertujuan agar kondisinya tetap kering dan tidak lembap. Maka dari itu, kamu harus menjemur perabotan furniture kayu tersebut di bawah sinar matahari secara rutin.

Selain itu, pastikan juga kamu harus menggunakan pernis secara berkala pada perabotan kayu agar tidak mudah kemasukan uap air. Untuk langkah pencegahannya, silahkan beri jarak antara perabotan kayu dengan dinding agar tidak memicu rayap yang masuk melalui celah dinding untuk bergerak menuju ke perabotan.

7. Manfaatkan Air Cucian Beras

Manfaatkan Air Cucian Beras

Tak banyak orang yang tahu, bahwa air cucian beras dapat digunakan untuk membasmi rayap. Nah, setelah selesai menuci beras, mulai saat ini bekas air cucian tersebut jangan langsung kamu buang. Sebaiknya kamu gunakan air cucian berasnya untuk membasmi rayap.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyemprotkan air cucian beras tadi ke area-area yang menjadi sarang rayap. Dengan begitu, maka keberadaan rayap akan berangsur-angsur berkuran bahkan bisa hilang untuk selamanya lho.

8. Menggunakan Daun Salam dan Daun Kemangi

Menggunakan Daun Salam dan Daun Kemangi

Cara alami paling ampuh berikutnya yang bisa kamu coba untuk membasmi rayap di rumah, yakni dengan menggunakan daun salam dan daun kemangi.

Cara kerjanya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal meletakan daun salam dan daun kemangi tersebut ke furniture kayu seperti meja, lemari, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, cara yang satu ini sama sekali tidak akan menimbulkan bau terhadap furniture kayunya.

Nah, itulah beberapa cara alami yang ampuh untuk membasmi rayap dirumah, dan tentu saja wajib kamu coba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top